Istilah model pembelajaran amat dekat dengan pengertian
strategi pembelajaran dan dibedakan dari istilah strategi, pendekatan dan
metode pembelajaran. Istilah model pembelajaran mempunyai makna yang lebih luas
daripada suatu strategi, metode, dan teknik. Sedangkan istilah “strategi “ awal mulanya dikenal dalam dunia militer terutama
terkait dengan perang atau dunia olah raga, namun demikian makna tersebut
meluas tidak hanya ada pada dunia militer atau olahraga saja akan tetapi bidang
ekonomi, sosial, pendidikan. Menurut Ruseffendi (1980), istilah strategi,
metode, pendekatan dan teknik mendefinisikan sebagai berikut :
1. Strategi
pembelajaran adalah separangkat kebijaksanaan yang terpilih, yang telah
dikaitkan dengan faktor yang menetukan warna atau strategi tersebut, yaitu : a.
Pemilihan materi pelajaran (guru atau siswa) b. Penyaji materi pelajaran
(perorangan atau kelompok, atau belajar mandiri) c. Cara menyajikan materi
pelajaran (induktif atau deduktif, analitis atau sintesis, formal atau non
formal) d. Sasaran penerima materi pelajaran ( kelompok, perorangan, heterogen,
atau homogen.
2. Pendekatan Pembelajaran adalah jalan atau arah yang ditempuh
oleh guru atau siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran dilihat bagaimana materi
itu disajikan. Misalnya memahami suatu prinsip dengan pendekatan induktif atau
deduktif.
3. Metode Pembelajaran adalah cara mengajar secara umum yang dapat
diterapkan pada semua mata pelajaran, misalnya mengajar dengan ceramah,
ekspositori, tanya jawab, penemuan terbimbing dan sebagainya.
4. Teknik
mengajar adalah penerapan secara khusus suatu metode pembelajaran yang telah
disesuaikan dengan kemampuan dan kebiasaan guru, ketersediaan media
pembelajaran serta kesiapan siswa. Misalnya teknik mengajarkan perkalian dengan
penjumlahan berulang.
Sedangkan Model Pembelajaran adalah sebagai suatu disain
yang menggambakan proses rincian dan penciptaan situasi lingkungan yang
memungkinkan siswa berinteraksi sehingga terjadi perubahan atau perkembangan
pada diri siswa (Didang : 2005) Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia
(1998 : 203), pengertian strategi (1) ilmu dan seni menggunakan sumber daya
bangsa untuk melaksanakan kebijaksanaan tertentu dalam dan perang damai, (2)
rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus.
Soedjadi
(1999 :101) menyebutkan strategi pembelajaran adalah suatu siasat melakukan
kegiatan pembelajaran yang bertujuan mengubah keadaan pembelajaran menjadi
pembelajaran yang diharapkan. Untuk dapat mengubah keadaan itu dapat ditempuh
dengan berbagai pendekatan pembelajaran. Lebih lanjut Soedjadi menyebutkan
bahwa dalam satu pendekatan dapat dilakukan lebih dari satu metode dan dalam
satu metode dapat digunakan lebih dari satu teknik. Secara sederhana dapat
dirunut sebagai rangkaian : teknik metode pendekatan strategi model Istilah “
model pembelajaran” berbeda dengan strategi pembelajaran, metode pembelajaran,
dan pendekatan pembelajaran. Model pembelajaran meliputi suatu model
pembelajaran yang luas dan menyuluruh.
Konsep model pembelajaran lahir dan
berkembang dari pakar psikologi dengan pendekatan dalam setting eksperimen yang
dilakukan. Konsep model pembelajaran untuk pertama kalinya dikembangkan oleh
Bruce dan koleganya (Joyce, Weil dan Showers, 1992) Lebih lanjut Ismail (2003)
menyatakan istilah Model pembelajaran mempunyai empat ciri khusus yang tidak
dipunyai oleh strategi atau metode tertentu yaitu : 1. rasional teoritik yang
logis disusun oleh perancangnya, 2. tujuan pembelajaran yang akan dicapai, 3.
tingkah laku mengajar yang diperlukan agar model tersebut dapat dilaksanakan
secara berhasil dan 4. lingkungan belajar yang diperlukan agar tujuan
pembelajaran itu dapat tercapai. Berbedanya pengertian antara model, strategi,
pendekatan dan metode serta teknik diharapkan guru mata pelajaran umumnya dan
khususnya matematika mampu memilih model dan mempunyai strategi pembelajaran
yang sesuai dengan materi dan standar kompetensi serta kompetensi dasar dalam
standar isi.
Istilah model pembelajaran amat dekat dengan pengertian
strategi pembelajaran dan dibedakan dari istilah strategi, pendekatan dan
metode pembelajaran. Istilah model pembelajaran mempunyai makna yang lebih luas
daripada suatu strategi, metode, dan teknik. clip_image001%25255B4%25255D_thumb
Sedangkan istilah “strategi “ awal mulanya dikenal dalam dunia militer terutama
terkait dengan perang atau dunia olah raga, namun demikian makna tersebut
meluas tidak hanya ada pada dunia militer atau olahraga saja akan tetapi bidang
ekonomi, sosial, pendidikan. Menurut Ruseffendi (1980), istilah strategi,
metode, pendekatan dan teknik mendefinisikan sebagai berikut : 1. Strategi
pembelajaran adalah separangkat kebijaksanaan yang terpilih, yang telah
dikaitkan dengan faktor yang menetukan warna atau strategi tersebut, yaitu : a.
Pemilihan materi pelajaran (guru atau siswa) b. Penyaji materi pelajaran
(perorangan atau kelompok, atau belajar mandiri) c. Cara menyajikan materi
pelajaran (induktif atau deduktif, analitis atau sintesis, formal atau non
formal) d. Sasaran penerima materi pelajaran ( kelompok, perorangan, heterogen,
atau homogen. 2. Pendekatan Pembelajaran adalah jalan atau arah yang ditempuh
oleh guru atau siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran dilihat bagaimana materi
itu disajikan. Misalnya memahami suatu prinsip dengan pendekatan induktif atau
deduktif. 3. Metode Pembelajaran adalah cara mengajar secara umum yang dapat
diterapkan pada semua mata pelajaran, misalnya mengajar dengan ceramah,
ekspositori, tanya jawab, penemuan terbimbing dan sebagainya. 4. Teknik
mengajar adalah penerapan secara khusus suatu metode pembelajaran yang telah
disesuaikan dengan kemampuan dan kebiasaan guru, ketersediaan media
pembelajaran serta kesiapan siswa. Misalnya teknik mengajarkan perkalian dengan
penjumlahan berulang. Sedangkan Model Pembelajaran adalah sebagai suatu disain
yang menggambakan proses rincian dan penciptaan situasi lingkungan yang
memungkinkan siswa berinteraksi sehingga terjadi perubahan atau perkembangan
pada diri siswa (Didang : 2005) Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia
(1998 : 203), pengertian strategi (1) ilmu dan seni menggunakan sumber daya
bangsa untuk melaksanakan kebijaksanaan tertentu dalam dan perang damai, (2)
rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus. Soedjadi
(1999 :101) menyebutkan strategi pembelajaran adalah suatu siasat melakukan
kegiatan pembelajaran yang bertujuan mengubah keadaan pembelajaran menjadi
pembelajaran yang diharapkan. Untuk dapat mengubah keadaan itu dapat ditempuh
dengan berbagai pendekatan pembelajaran. Lebih lanjut Soedjadi menyebutkan
bahwa dalam satu pendekatan dapat dilakukan lebih dari satu metode dan dalam
satu metode dapat digunakan lebih dari satu teknik. Secara sederhana dapat
dirunut sebagai rangkaian : teknik metode pendekatan strategi model Istilah “
model pembelajaran” berbeda dengan strategi pembelajaran, metode pembelajaran,
dan pendekatan pembelajaran. Model pembelajaran meliputi suatu model
pembelajaran yang luas dan menyuluruh. Konsep model pembelajaran lahir dan
berkembang dari pakar psikologi dengan pendekatan dalam setting eksperimen yang
dilakukan. Konsep model pembelajaran untuk pertama kalinya dikembangkan oleh
Bruce dan koleganya (Joyce, Weil dan Showers, 1992) Lebih lanjut Ismail (2003)
menyatakan istilah Model pembelajaran mempunyai empat ciri khusus yang tidak
dipunyai oleh strategi atau metode tertentu yaitu : 1. rasional teoritik yang
logis disusun oleh perancangnya, 2. tujuan pembelajaran yang akan dicapai, 3.
tingkah laku mengajar yang diperlukan agar model tersebut dapat dilaksanakan
secara berhasil dan 4. lingkungan belajar yang diperlukan agar tujuan
pembelajaran itu dapat tercapai. Berbedanya pengertian antara model, strategi,
pendekatan dan metode serta teknik diharapkan guru mata pelajaran umumnya dan
khususnya matematika mampu memilih model dan mempunyai strategi pembelajaran
yang sesuai dengan materi dan standar kompetensi serta kompetensi dasar dalam
standar isi.
Copyright www.m-edukasi.web.id Media Pendidikan Indonesia
Istilah model
pembelajaran amat dekat dengan pengertian strategi pembelajaran dan
dibedakan dari istilah strategi, pendekatan dan metode pembelajaran.
Istilah model pembelajaran mempunyai makna yang lebih luas daripada
suatu strategi, metode, dan teknik.
clip_image001%25255B4%25255D_thumb
Sedangkan istilah “strategi “ awal mulanya dikenal dalam dunia militer
terutama terkait dengan perang atau dunia olah raga, namun demikian
makna tersebut meluas tidak hanya ada pada dunia militer atau olahraga
saja akan tetapi bidang ekonomi, sosial, pendidikan. Menurut Ruseffendi
(1980), istilah strategi, metode, pendekatan dan teknik mendefinisikan
sebagai berikut :
1. Strategi pembelajaran adalah separangkat kebijaksanaan yang terpilih,
yang telah dikaitkan dengan faktor yang menetukan warna atau strategi
tersebut, yaitu :
a. Pemilihan materi pelajaran (guru atau siswa)
b. Penyaji materi pelajaran (perorangan atau kelompok, atau belajar
mandiri)
c. Cara menyajikan materi pelajaran (induktif atau deduktif,
analitis atau sintesis, formal atau non formal)
d. Sasaran penerima materi pelajaran ( kelompok, perorangan,
heterogen, atau homogen.
2. Pendekatan Pembelajaran adalah jalan atau arah yang ditempuh oleh
guru atau siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran dilihat bagaimana
materi itu disajikan. Misalnya memahami suatu prinsip dengan pendekatan
induktif atau deduktif.
3. Metode Pembelajaran adalah cara mengajar secara umum yang dapat
diterapkan pada semua mata pelajaran, misalnya mengajar dengan ceramah,
ekspositori, tanya jawab, penemuan terbimbing dan sebagainya.
4. Teknik mengajar adalah penerapan secara khusus suatu metode
pembelajaran yang telah disesuaikan dengan kemampuan dan kebiasaan guru,
ketersediaan media pembelajaran serta kesiapan siswa. Misalnya teknik
mengajarkan perkalian dengan penjumlahan berulang.
Sedangkan Model Pembelajaran adalah sebagai suatu disain yang
menggambakan proses rincian dan penciptaan situasi lingkungan yang
memungkinkan siswa berinteraksi sehingga terjadi perubahan atau
perkembangan pada diri siswa (Didang : 2005)
Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1998 : 203), pengertian
strategi (1) ilmu dan seni menggunakan sumber daya bangsa untuk
melaksanakan kebijaksanaan tertentu dalam dan perang damai, (2) rencana
yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus.
Soedjadi (1999 :101) menyebutkan strategi pembelajaran adalah suatu
siasat melakukan kegiatan pembelajaran yang bertujuan mengubah keadaan
pembelajaran menjadi pembelajaran yang diharapkan. Untuk dapat mengubah
keadaan itu dapat ditempuh dengan berbagai pendekatan pembelajaran.
Lebih lanjut Soedjadi menyebutkan bahwa dalam satu pendekatan dapat
dilakukan lebih dari satu metode dan dalam satu metode dapat digunakan
lebih dari satu teknik. Secara sederhana dapat dirunut sebagai rangkaian
:
teknik metode pendekatan strategi model
Istilah “ model pembelajaran” berbeda dengan strategi pembelajaran,
metode pembelajaran, dan pendekatan pembelajaran. Model pembelajaran
meliputi suatu model pembelajaran yang luas dan menyuluruh. Konsep model
pembelajaran lahir dan berkembang dari pakar psikologi dengan
pendekatan dalam setting eksperimen yang dilakukan. Konsep model
pembelajaran untuk pertama kalinya dikembangkan oleh Bruce dan koleganya
(Joyce, Weil dan Showers, 1992)
Lebih lanjut Ismail (2003) menyatakan istilah Model pembelajaran
mempunyai empat ciri khusus yang tidak dipunyai oleh strategi atau
metode tertentu yaitu :
1. rasional teoritik yang logis disusun oleh perancangnya,
2. tujuan pembelajaran yang akan dicapai,
3. tingkah laku mengajar yang diperlukan agar model tersebut dapat
dilaksanakan secara berhasil dan
4. lingkungan belajar yang diperlukan agar tujuan pembelajaran itu
dapat tercapai.
Berbedanya pengertian antara model, strategi, pendekatan dan metode
serta teknik diharapkan guru mata pelajaran umumnya dan khususnya
matematika mampu memilih model dan mempunyai strategi pembelajaran yang
sesuai dengan materi dan standar kompetensi serta kompetensi dasar dalam
standar isi..... Baca Selengkapnya di : http://www.m-edukasi.web.id/2013/02/istilah-istilah-dalam-pembelajaran.html
Copyright www.m-edukasi.web.id Media Pendidikan Indonesia
Copyright www.m-edukasi.web.id Media Pendidikan Indonesia
Istilah model
pembelajaran amat dekat dengan pengertian strategi pembelajaran dan
dibedakan dari istilah strategi, pendekatan dan metode pembelajaran.
Istilah model pembelajaran mempunyai makna yang lebih luas daripada
suatu strategi, metode, dan teknik.
clip_image001%25255B4%25255D_thumb
Sedangkan istilah “strategi “ awal mulanya dikenal dalam dunia militer
terutama terkait dengan perang atau dunia olah raga, namun demikian
makna tersebut meluas tidak hanya ada pada dunia militer atau olahraga
saja akan tetapi bidang ekonomi, sosial, pendidikan. Menurut Ruseffendi
(1980), istilah strategi, metode, pendekatan dan teknik mendefinisikan
sebagai berikut :
1. Strategi pembelajaran adalah separangkat kebijaksanaan yang terpilih,
yang telah dikaitkan dengan faktor yang menetukan warna atau strategi
tersebut, yaitu :
a. Pemilihan materi pelajaran (guru atau siswa)
b. Penyaji materi pelajaran (perorangan atau kelompok, atau belajar
mandiri)
c. Cara menyajikan materi pelajaran (induktif atau deduktif,
analitis atau sintesis, formal atau non formal)
d. Sasaran penerima materi pelajaran ( kelompok, perorangan,
heterogen, atau homogen.
2. Pendekatan Pembelajaran adalah jalan atau arah yang ditempuh oleh
guru atau siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran dilihat bagaimana
materi itu disajikan. Misalnya memahami suatu prinsip dengan pendekatan
induktif atau deduktif.
3. Metode Pembelajaran adalah cara mengajar secara umum yang dapat
diterapkan pada semua mata pelajaran, misalnya mengajar dengan ceramah,
ekspositori, tanya jawab, penemuan terbimbing dan sebagainya.
4. Teknik mengajar adalah penerapan secara khusus suatu metode
pembelajaran yang telah disesuaikan dengan kemampuan dan kebiasaan guru,
ketersediaan media pembelajaran serta kesiapan siswa. Misalnya teknik
mengajarkan perkalian dengan penjumlahan berulang.
Sedangkan Model Pembelajaran adalah sebagai suatu disain yang
menggambakan proses rincian dan penciptaan situasi lingkungan yang
memungkinkan siswa berinteraksi sehingga terjadi perubahan atau
perkembangan pada diri siswa (Didang : 2005)
Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1998 : 203), pengertian
strategi (1) ilmu dan seni menggunakan sumber daya bangsa untuk
melaksanakan kebijaksanaan tertentu dalam dan perang damai, (2) rencana
yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus.
Soedjadi (1999 :101) menyebutkan strategi pembelajaran adalah suatu
siasat melakukan kegiatan pembelajaran yang bertujuan mengubah keadaan
pembelajaran menjadi pembelajaran yang diharapkan. Untuk dapat mengubah
keadaan itu dapat ditempuh dengan berbagai pendekatan pembelajaran.
Lebih lanjut Soedjadi menyebutkan bahwa dalam satu pendekatan dapat
dilakukan lebih dari satu metode dan dalam satu metode dapat digunakan
lebih dari satu teknik. Secara sederhana dapat dirunut sebagai rangkaian
:
teknik metode pendekatan strategi model
Istilah “ model pembelajaran” berbeda dengan strategi pembelajaran,
metode pembelajaran, dan pendekatan pembelajaran. Model pembelajaran
meliputi suatu model pembelajaran yang luas dan menyuluruh. Konsep model
pembelajaran lahir dan berkembang dari pakar psikologi dengan
pendekatan dalam setting eksperimen yang dilakukan. Konsep model
pembelajaran untuk pertama kalinya dikembangkan oleh Bruce dan koleganya
(Joyce, Weil dan Showers, 1992)
Lebih lanjut Ismail (2003) menyatakan istilah Model pembelajaran
mempunyai empat ciri khusus yang tidak dipunyai oleh strategi atau
metode tertentu yaitu :
1. rasional teoritik yang logis disusun oleh perancangnya,
2. tujuan pembelajaran yang akan dicapai,
3. tingkah laku mengajar yang diperlukan agar model tersebut dapat
dilaksanakan secara berhasil dan
4. lingkungan belajar yang diperlukan agar tujuan pembelajaran itu
dapat tercapai.
Berbedanya pengertian antara model, strategi, pendekatan dan metode
serta teknik diharapkan guru mata pelajaran umumnya dan khususnya
matematika mampu memilih model dan mempunyai strategi pembelajaran yang
sesuai dengan materi dan standar kompetensi serta kompetensi dasar dalam
standar isi..... Baca Selengkapnya di : http://www.m-edukasi.web.id/2013/02/istilah-istilah-dalam-pembelajaran.html
Copyright www.m-edukasi.web.id Media Pendidikan Indonesia
Copyright www.m-edukasi.web.id Media Pendidikan Indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar